PT Astra Honda Motor (AHM) menutup tahun 2011 dengan catatan sukses. Pemegang merek sepeda motor Honda berhasil membukukan penjualan 4.276.136 unit. Angka ini membuat Honda menguasai 53,16 persen pangsa pasar sepeda motor tahun lalu.
Executive Vice President Director AHM Johannes Loman menyatakan pencapaian di tahun 2011 tersebut naik 25,2 persen dibandingkan tahun 2010. Angka ini bahkan lebih tinggi dari pertumbuhan pasar sepeda motor nasional.
Data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), Kamis, 12 Januari 2012, menyebutkan sepanjang tahun 2011 total penjualan sepeda motor nasional tercatat 8.043.535 unit atau tumbuh 8,7% dibandingkan penjualan tahun 2010 yang tercatat 7.398.644 unit.
"Terima kasih atas kepercayaan konsumen terhadap produk Honda," kata Johannes Loman dalam keterangan pers PT AHM, Kamis, 12 Januari 2012. "Pencapaian ini bukti kepercayaan masyarakat Indonesia terhadap merek dan kualitas sepeda motor Honda."
Sumbangan terbesar penjualan Honda berasal dari segmen skuter otomatik atau skutik dengan angka penjualan 2.381.926 unit. Model terlaris di segmen ini adalah Honda BeAT Series sebanyak 1.033.928 unit, diikuti Honda Vario Series (905.456 unit), Honda Scoopy (228.728 unit), Honda Spacy Series (211.687 unit), dan Honda PCX (2.127 unit).
Di segmen sepeda motor bebek, AHM berhasil menjual sebanyak 1.668.695 unit. Kontribusi terbesar disumbangkan Honda Revo Series (764.662 unit) dan Honda Supra Series (630.409 unit).
Adapun di segmen sport, sepanjang tahun lalu tercatat menjual 225.515 unit. Angka ini terdiri dari Honda New Megapro Series (169.302 unit), Honda Tiger (29.406 unit), Honda CBR Series (14.668 unit), dan Honda CS1 (12.139 unit).
(sumber : tempo)